SMK Bintang Persada Denpasar Membuka Jurusan Penerbangan

Wawasan dan ilmu kedirgantaraan penting diberikan sejak dini agar generasi muda memiliki mental dan karakter yang tangguh sebagai penerus bangsa. Dengan menumbuhkembangkan cinta dirgantara, akan tertanam rasa kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi dalam jiwa mereka. Salah satu cara untuk memperkenalkan kedirgantaraan tersebut melalui proses pembelajaran di sekolah khusus yang berkompeten untuk menggali minat anak dan membekali mereka keterampilan dibidang penerbangan.

Beberapa keuntungan yang diperoleh tamatan dari SMK penerbangan diantaranya siswa dibekali keterampilan/dasar kemiliteran sehingga menjadi lebih mandiri jika nantinya melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi seperti Pilot, Pramugari/Pramugara, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri), Akademi dan Kepolisian (Akpol), Sekolah Calon Tamtama (Secata), dan Sekolah Calon Bintara (Secaba),.

Jika tamatan SMK Penerbangan nantinya tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi penerbangan, mereka tetap dapat bekerja dibidang kedirgantaraan sebagai asisten yang nantinya bisa memiliki peluang untuk melanjutkan ke Pendidikan Tinggi Kedirgantaraan. Tidak hanya itu, tamatan SMK Penerbangan juga bisa mengembangkan bisnis kedirgantaraan, seperti membuat pesawat terbang ringan dan membuat drone. Terlebih lagi jika tamatan SMK Penerbangan mengikuti pelatihan penerbangan dan memiliki lisensi penerbangan dari PASI (Federasi  Aero Sport Indonesia) Othority Paramotor dan Microlight, maka mereka dapat bekerja sebagai instruktur penerbang di bandara.

Selain itu, bidang penerbangan tidak hanya berkaitan dengan kedirgantaraan saja, namun manajemen/tata kelola perkantoran bandara juga penting dipelajari sebagai penunjang kedirgantaraan itu sendiri. Dalam manajemen perkantoran bandara mereka akan menangani reservasi penerbangan, ticketing, cargo handling, ground handling, hingga pemeliharaan dan pengoperasian fasilitas keamanan penerbangan seperti Aviation Security (satpam bandara).

Dengan berkembangnya bisnis penerbangan di Indonesia khususnya di Bali tentunya membuka banyak peluang lapangan pekerjaan di sektor ini. Dunia penerbangan memerlukan tenaga-tenaga ahli khusus yang handal dan berkompeten di bidangnya. Ironisnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Indonesia khususnya penyedia jasa transportasi udara masih harus mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri. Hal ini karena masih terbatasnya sekolah atau institusi di negeri ini yang menyediakan program pendidikan di bidang penerbangan.

Namun permasalahan yang ada, banyak masyarakat yang berpikir bahwa sekolah penerbangan sangat mahal. Selain itu keberadaan sekolah yang menyediakan jurusan penerbangan di Indonesia khususnya di Bali juga masih sangat minim. Dengan bertambahnya kapasitas bandara Ngurah Rai dan akan dibangunnya Bandara Bali Utara yang berlokasi di kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Oleh karena itu, SMK Bintang Persada Denpasar hadir untuk memberikan pilihan sekolah penerbangan dengan biaya yang jauh lebih murah dan terjangkau, serta dengan fasilitas belajar dan praktik yang jauh lebih lengkap. Berdasarkan hal tersebut dipandang perlu untuk membuka kompetensi keahlian baru bidang penerbangan di SMK Bintang Persada Denpasar yakni kompetensi keahlian Airframe Power Plant, Electrical Avionics, dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Bandara).

Pembukaan kompetensi keahlian baru ini selain bertujuan untuk menampung minat masyarakat, juga untuk mengurangi anak-anak yang putus sekolah.  Dari awal berdirinya SMK Bintang Persada Denpasar, sudah banyak menampung/membantu anak-anak dari panti asuhan/anak yatim/piatu, untuk dapat melanjutkan pendidikan dengan biaya yang terjangkau. Dengan demikian, pembukaan kompetensi keahlian baru  di SMK Bintang Persada Denpasar selain berorientasi terhadap perubahan pasar kerja, diharapkan juga mampu menampung minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah kejuruan yang berkualitas, serta untuk mengurangi anak-anak yang putus sekolah karena terbeban dengan biaya sekolah yang tinggi.

IZIN_KOMERSIAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *