Kompetensi Keahlian Tata Boga

Sesuai dengan visi SMK Bintang Persada yaitu terwujudnya SMK Bintang Persada yang unggul dalam prestasi, dan kompetitif di dunia kerja, salah satu program keahlian/ kompetensi keahlian di bidang kuliner yang ada di SMK Bintang Persada adalah Kompetensi Keahlian Tata Boga.

Sekolah ini merupakan sekolah menengah kejuruan dengan kompetensi keahlian Tata Boga untuk menghasilkan calon tenaga pelayanan boga khususnya dalam bidang kuliner yang ada di SMK Bintang Persada di Denpasar dan Tabanan.

Program Keahlian Kuliner merupakan suatu program yang menghasilkan tenaga ahli dalam pelayanan boga yang terampil dan kompeten di bidang pelayanan dasar kuliner khususnya pemenuhan kebutuhan dasar manusia. 

Tujuan Kompetensi Keahlian Tata Boga

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Tata Boga adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

1.   Mengolah dan menyajikan makanan kontinental yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup

2.   Mengolah dan menyajikan makanan Indonesia yang terdiri dari makanan pembuka, makanan pokok, lauk pauk, dan makanan penutup

3.   Melayani makan dan minum baik di restoran maupun di kamar tamu, serta menata meja makan dan meja prasmanan

4.   Mengolah dan menyajikan aneka minuman non-alkohol 5.         Mengorganisir operasi pelayanan makan dan minum di restoran.

Lulusan Program keahlian Kuliner, Kompetensi keahlian Tata Boga SMK Bintang Persada diarahkan mampu bekerja di Industri Perhotelan, baik kapal pesiar serta hotel di dalam maupun di luar negeri di bidang:

  1. Industri makanan dan minuman.
  2. Katering
  3. Restoran
  4. Bagian Pengadaan Barang untuk perhotelan dan toko-toko makanan

Proses pembelajaran pada program keahlian Kuliner dengan Kompetensi keahlian Tata Boga berpedoman pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor : 130/D/KEP/KR/201 TANGGAL : 10 Februari 2017  sebagai berikut.