Sejarah Singkat SMK Bintang Persada Tabanan

Yayasan Bintang Persada berdiri sejak tahun 2004 di kabupaten Tabanan, provinsi Bali. Yayasan Bintang Persada menaungi beberapa lembaga pendidikan yakni, PG/TK, SD, SMP, SMK, Perguruan Tinggi (Diploma III Farmasi, D3 Gizi (Kesehatan & Pariwisata/Kuliner), S1 Farmasi dan S1 Keperawatan). Pada awal tahun 2020 Yayasan Bintang Persada juga menaungi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta yang berada di daerah Klungkung yakni SMK Kesehatan Panca Atma Jaya.

SMK Bintang Persada Tabanan berdiri pada tahun 2012 .Pada awal berdirinya, sekolah hanya memiliki satu program keahlian yaituKeperawatan. Melihat minat masyarakat yang tinggi dalam memilih sekolah kejuruan yang berkualitas, maka diawal tahun ajaran 2017/2018 sekolah membuka program keahlian baru di bidang kesehatan dan pariwisata yakni program keahlian Farmasi, Kuliner (tata boga), dan Perhotelan.

Pembukaan program keahlian baru ini selain bertujuan untuk menampung minat masyarakat, juga untuk mengurangi anak-anak yang putus sekolah. Dari awal berdirinya SMK Bintang Persada Tabanan, sudah banyak menampung/membantu anak-anak dari panti asuhan/anak yatim/piatu, untuk dapat melanjutkan pendidikan dengan biaya yang terjangkau. Dengan demikian, pembukaan program keahlian baru  di SMK Bintang Persada Tabanan selain berorientasi terhadap perubahan pasar kerja, diharapkan juga mampu menampung minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah kejuruan yang berkualitas, serta untuk mengurangi anak-anak yang putus sekolah karena terbeban dengan biaya sekolah yang tinggi.