Manajemen Perkantoran (Bandara)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
Konsentrasi Keahlian : Manajemen Perkantoran (Bandara)
Konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran (Bandara) merupakan pembelajaran kejuruan yang berisi sekumpulan kompetensi untuk mencapai penguasaan keahlian kerja di bidang manajemen perkantoran yang difokuskan pada manajemen perkantoran di bidang kebandaraan
Konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran berfungsi untuk lebih memperkuat dan menumbuhkembangkan keprofesionalan dan kebanggaan peserta didik terhadap keahlian (keprofesian) manajemen perkantoran, melalui pemahaman dan penerapan tentang ekonomi dan bisnis, pengelolaan administrasi umum, komunikasi di tempat kerja, pengelolaan kearsipan, teknologi perkantoran, pengelolaan rapat/pertemuan, pengelolaan keuangan sederhana, serta penatalaksanaan administrasi pada bidang spesifik (sumber daya manusia/ kepegawaian, sarana prasarana, humas dan keprotokolan, dan lainnya) sesuai tuntutan dan kebutuhan bidang manajemen perkantoran di dunia kerja. Berbekal sikap, pengetahuan, dan keterampilan di bidang manajemen perkantoran peserta didik akan mampu berwirausaha secara mandiri dan/atau melanjutkan pendidikan sesuai dengan kejuruannya.
Pembelajaran pada Manajemen Perkantoran berkontribusi untuk membentuk peserta didik memiliki kompetensi sebagai staf administrasi kantor, resepsionis, asisten arsiparis, asisten sekretaris, layanan pelanggan (customer service), operator komputer junior di bidang perkantoran, dan jabatan lainnya yang berakhlak mulia, mampu berkomunikasi, bernegosiasi, mampu bekerja dalam tim, mampu mengelola informasi/gagasan, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, mandiri, dan adaptif dalam menjalankan tugas dan fungsinya di wilayah maupun di luar kebandaraan. Selain itu, dalam tuntutan bekerja sebagai karyawan atau pegawai, mata pelajaran ini pun diharapkan dapat membekali peserta didik untuk berwirausaha dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Adapun tujuan dari Konsentrasi Manajemen Perkantoran menghasilkan peserta didik yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan (soft skills dan hard skills), yang meliputi:
1. memahami dasar-dasar ekonomi dan bisnis;
2. menerapkan pengelolaan administrasi umum;
3. menerapkan komunikasi di tempat kerja;
4. menerapkan pengelolaan kearsipan;
5. menerapkan teknologi perkantoran;
6. menerapkan pengelolaan rapat/pertemuan;
7. menerapkan pengelolaan keuangan sederhana;
8. menerapkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM);
9. menerapkan pengelolaan sarana dan prasarana; dan
10. menerapkan pengelolaan humas dan keprotokolan.
Tenaga pengajar kejuruan untuk Jurusan Penerbangan di SMK Bintang Persada Denpasar bekerjasama dengan TNI-AU Lanud I Gusti Ngurah Rai dan juga Dunia Industri dari Kedirgantaraan dan juga dari maskapai penerbangan
Selain pembelajaran di sekolah, peserta didik / Taruna-taruni juga dibekali pengalaman Praktek Kerja industri (prakerin) di dunia industri yang sudah memiliki kerjasama dengan sekolah, diantaranya Dunia Industri yang berada di seputaran Lanud I Gusti Ngurah Rai
Setelah menempuh pendidikan selama 3 Tahun, selain memperoleh Ijasah, peserta juga akan diberikan Sertifikat Kompetensi yang nantinya bisa digunakan pelengkap dalam bekerja